Kulibur.com – Mulai dari tanggal 20 Mei 2019 kemarin aktivitas pendakian di Gunung Merbabu sudah ditutup untuk sementara waktu, hal tersebut dilakukan karena jalur yang biasanya digunakan untuk pendakian mengalami kerusakan yang parah. Penutupan ini akan dilakukan selama kurang lebih satu bulan dan untuk para pendaki yang tetap nekat mendaki selama kurun waktu tersebut maka pihak pengelola akan bertindak tegas untuk memberi sanksi.

Di berlakukannya denda ini sebagai tindakan kepada para pendaki yang tetap nekat mendaki tanpa mematuhi intruksi yang ada. Hal tersebut dipertimbangkan karena Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 Mdpl ini merupakan lokasi pendakian yang terbilang sangat difavoritkan oleh para pendaki.

Ungkapan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Ungkapan yang diberikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan yang dilansir dari harian Kompas  pada hari jumat tanggal 24 Mei 2019 mengatakan bahwa “para pendaki yang nekat mendaki akan diinterogasi, kemudian akan dimasukkan kedalam berita acara dan diberikan sanksi sesuai kesepakatan pengelola seperti membayar denda 10 kali lipat dari harga tiket mendaki untuk yang baru pertama kali melanggar atau sanksi sosial seperti membersihkan gunung bersama-sama pengelola”.

Selain itu langkah yang dilakukan pihak pengelola untuk mengantisipasi para pendaki yang nekat mendaki adalah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menjaga area pintu masuk Gunung Merbabu. Lebih lanjut Johan selaku Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menjelaskan jika para pendaki tetap nekat dan tidak menghiraukan informasi yang diberikan pihak pengelola justru akan membahayakan bagi dirinya sendiri. ada dua hal yang harus diperhatikan jika mereka melanggar informasi ini. Pertama, para pendaki tidak mempunyai asuransi karena mereka mendaki tanpa membayar tiket. Yang kedua jika terjadi sesuatu musibah maka proses evakuasi akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena tidak adanya petugas yang berjaga diatas gunung

Semua Jalur di Tutup

Jalur yang ada untuk mendaki Gunung Merbabu ini akan ditutup saat Periode Lebaran tahun 2019. Untuk jalur yang ditutup adalah Thekelan (semarang), Cunthel (Magelang), Suwating (Magelang), Wekas (Magelang) dan Selo (Boyolali).

BACA JUGA ” TIPS AMAN BAWA KAMERA UNTUK KALIAN YANG HOBY TRAVELING “

BACA JUGA ” SIMAK! ALASAN MENGAPA WANITA PENDAKI GUNUNG ITU KEREN “