Kulibur.com – Salah satu barang yang wajib dibawa saat pergi berlibur adalah kamera, banyak alternative kamera yang bisa kalian bawa sesuai dengan kebutuhan di destinasi tujuan. Dengan membawa kamera yang sesuai maka kalian dapat mengabadikan moment-moment yang menarik setiap saat. Hasil potret tersebut dapat menjadi kenangan yang penuh cerita atau bahkan menjadi karya yang bernilai mahal.

Diluar dari keseruan mengabadikan foto saat berada di destinasi, membawa kamera juga sangat riskan, banyak resiko yang dapat terjadi diluar dugaan seperti terjatuhnya lensa karena mobilitas yang kita lakukan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka kulibur akan berikan tips aman membawa kamera saat berlibur.

1. Gunakan Tas Kamera

Tas khusus kamera menjadi pengaman pertama ketika membawa kamera saat traveling. Meskipun sudah membawa tas carier berukuran besar yang dapat digunakan menyimpan kamera bersama barang bawaan lainnya tetapi sangat tidak disarankan jika menyimpan kamera didalamnya. Kamera harus disimpan kedalam tas khusus karena untuk menghindari beberapa hal seperti tergores, berdebu dan terkena air.

2. Jangan Lepas Tutup Lensa

Untuk melindungi layar lensa dari goresan atau kotoran saat kamera sedang tidak digunakan maka pasanglah selalu tutup lensa. Biasaakan selalu memastikan tutup lensa sudah terpasang, hal tersebut akan bermanfaat agar tidak tertinggal di lokasi yang telah dikunjungi karena jika sampai tertinggal maka kita akan kesulitan untuk mencarinya, selain bentuknya yang kecil, tutup lensa ini beresiko dibuang oleh orang yang menemukan karena mereka tidak membutuhkan atau tidak mengetahui jika itu tutup lensa yang sangat penting bagi pengguna kamera. Untuk tips aman supaya tidak kehilangan penutup lensa maka pasanglah tali pengait antara lensa kamera dengan penutup lensa ini.

3. Simpan kamera di Tempat yang Aman

Simpanlah kamera pada tempat yang disediakan khusu untuk kamera, dibeberapa penginapan bahkan sudah menyediakan tempat khusus yang dapat digunakan untuk menyimpan kamera. Jika tidak menemuinya kalian dapat menyimpan di dalam tas kamera dan pastikan posisi kamera sudah berada dengan benar.

4. Pastikan Keamanan di Sekitar

Ketika mengunjungi suatu destinasi wisata hal yang paling utama harus memperhatikan kondisi sekitar untuk memastikan keamana kamera yang dibawa. Jika kalian melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air maka pastikan kamera tidak terkena cipratan air sedangkan jika kalian melakukan kegiatan trekking maka pastikan juga kamera tidak terkena goresan-goresan benda sekitar atau terjatuh. Dan jika kalian melakukan kegiatannya di tempat keramaian maka pastikan kamera dikalungkan didepan badan, untuk menghindari resiko kecurian yang lebih mudah dilakukan jika kamera berada di posisi belakang badan.

5. Penggunaan Kamera yang Efisien

Hal ini perlu kalian perhatikan jika ingin berwisata menggunakan kamera, penggunaan secara efisien dengan mematikan kamera jika sedang tidak digunakan merupakan tips yang tepat untuk menghemat baterai kamera sehingga ketika menemui moment yang menarik kalian masih dapat mengabadikannya.

6. Menuliskan Alamat di Dalam Tas Kamera dan Baterai

Kalian semua tentunya tidak menginginkan jika kamera kesayangannya tertinggal atau bahkan hilang. Nah tips sederhana ini akan membantu kalian jika mengalami hal yang tidak diinginkan tersebut, kalian dapat menuliskan nama, nomor yang bisa dihubungi atau alamat rumah jika memang dirasa perlu. Buatlah tulisan tersebut dan tempelkan tas kamera atau pada baterai untuk lebih aman.

BACA JUGA ” SIMAK! ALASAN MENGAPA WANITA PENDAKI GUNUNG ITU KEREN “

BACA JUGA ” 7 ALASAN MENGAPA TRAVELING SEBELUM MENIKAH ITU WAJIB KALIAN LAKUKAN “

BACA JUGA ” INGIN TRAVELLING SAAT BERPUASA? SIMAK TIPS INI “