Kulibur.com – Setiap orang mempunyai selera makanan yang berbeda-beda saat puasa. Biasanya ketika berpuasa orang lebih suka membeli makanan di tempat-tempat kuliner ramadhan yang banyak ditemui sebelum waktu berbuka, sedangkan ketika akan sahur tidak sedikit juga orang yang mengandalkan menu praktis atau cepat saji sebagai hidangan sahurnya. Kesehatan tubuh saat berpuasa manjadi resiko jika makanan yang dikonsumsi selama berbuaka atau sahur tidak diperhatikan kandungan gizi dan nutrisinya dengan jelas. Jadi ketika membeli makanan atau menikmati hidangan cepat saji harus memperhatikan keseimbangan nutrisi agar stamina saat puasa tetap terjaga.

Berikut informasi yang kulibur akan berikan tentang makan sehat yang harus dikonsumsi saat berpuasa:

  1. kalian wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat saat berpuasa, hal tersebut karena tubuh membutuhkan karbohidrat untuk membuat glukosa, dimana glukosa itu merupakan sumber energi tubuh yang menyerupai zat gula yang digunakan sebagai energi. Karbohodrat sendiri didapatkan dari makanan seperti nasi, roti dan pasta. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohodrat adalah ketika sahur, karena manfaat yang diberikan adalah memberi energi untuk menjaga stamina tubuh sehingga tidak gampang lemas saat berpuasa.
  2. Minuman merupakan hal yang wajib dikonsumsi oleh tubuh untuk menjaga stamina dan terhindar dari dehidrasi. Air mineral merupakan minuman yang paling penting dan wajib dikonsumsi dari pada air lainnya. Hal tersebut karena semua sel organ dan jaringan tubuh lainnya membutuhkan air untuk membantu dalam mengatur kadar suhu dan menjaga fungsi tubuh yang lainnya. Untuk memenuhi asupan air maka dalam satu hari sebaiknya meminum 2 liter air. Kita dapat membaginya dengan 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan malam, 2 gelas saat akan tidur dan 2 gelas saat sahur.
  3. Mengkonsumsi sayur dan kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Hal tersebut karena kandungan serat yang ada pada sayur dan kacang – kacangan ini mampu membantu dalam menjaga kinerja usus dengan baik dan melambatkan makanan dalam penguraiannya menjadi glukosa dalam darah. Serat juga baik dalam mengontrol kadar kolestrol yang biasanya memuncak ketika mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa.
  4. Buah kurma manjadi menu wajib saat bulan puasa, selain sudah menjadi tradisi dari jaman dulu ternyata kurma ini mempunyai kandungan gula alami yang baik meningkatkan energi pada tubuh dan memberikan mineral seperti serat dan potassium yang cukup

BACA JUGA ” MAU TAU LOKASI BERBURU TAKJIL PALING RAME DI JAKARTA? SIMAK ULASAN BERIKU! “

BACA JUGA ” MAU BERWISATA RELIGI DI RAMADHAN TAHUN INI ? BERIKUT 10 MASJID MEGAH DI INDONESIA YANG BISA ANDA KUNJUNGI”