Kulibur.com – Mungkin bagi sebagian orang kegiatan mendaki gunung menjadi kegiatan yang dianggap sangat melelahkan, berbahaya atau bahkan kurang kerjaan karena rela untuk membawa dirinya dalam kondisi capek, lelah, haus dan lapar hanya untuk mencapai puncak tertinggi suatu gunung. Namun justru disitulah makna dari sebuah pendakian, bahwa tujuan yang sebenarnya bukanlah puncak dari gunung yang sedang didaki, tapi ada tujuan dan manfaat lain dibalik itu semua, apa saja ? yuk kita simak.

1. Menjadi Pribadi yang Mandiri dan Tangguh

Kondisi medan dan suasana yang berbeda mau tidak mau harus dihadapi oleh para pendaki gunung. Segala kebutuhan yang biasanya dengan mudah tersedia di lingkungan normal tidak akan ditemukan dalam proses pendakian. Karena kondisi itu pula para pendaki gunung dituntut untuk dapat hidup secara tangguh dan mandiri demi dapat bertahan hidup. Karena itu mendaki gunung dapat memberikan dampak positif untuk melatih kemandirian dan ketangguhan fisik maupun mental.

BACA JUGA ” 5 KULINER INI WAJIB SAAT BERADA DI TERMINAL 3 BANDARA SOEKARNO HATA “



2. Melatih Diri Menjadi Pengambil Keputusan yang Baik

Dalam proses pendakian akan banyak sekali ditemukan masalah, seperti masalah logistik, jalur, maupun kekompakan tim. Karena itu para pendaki harus pintar-pintar menemukan solusi terbaik untuk setiap masalah yang ada. Sebagai contoh bagaimana memilih logistik yang tepat sehingga tidak terlalu berat ketika dibawa, atau mengatur kerjasama tim sehingga resiko kecelakaan dapat diminimalisir. Kondisi tersebut dapat memberikan pelatihan yang baik bagi kalian yang ingin memiliki kematangan dalam setiap pengambilan keputusan.

BACA JUGA ” 21 DESTINASI POPULER DI WONOSOBO INI MENJADI BUKTI KEIDAHAN ALAM “



3. Melatih Kesabaran dan Ketenangan

Tekanan yang timbul disebabkan karena lingkungan yang lebih sulit dan kondisi fisik yang sangat lelah karena beratnya proses pendakian membuat kesabaran para pendaki terkadang harus diuji. Sedikit saja ada suasana yang tidak mengenakkan di hati akan menimbulkan bibit kemarahan yang jika tidak segera diredam dapat berakibat fatal bagi keselamatan dirinya dan kelompok. Mengingat keselamatan adalah hal yang sangat diutamakan dalam pendakian, menahan kemarahan adalah jalan satu-satunya yang harus ditempuh para pendaki demi tetap menjaga komunikasi antar anggota kelompok. Maka dari itu mendaki gunung sangat cocok untuk kalian yang sedang mengalami kesulitan dalam mengendalikan amarah dan kurang tenang dalam menghadapi suatu masalah. Semakin banyak kita mengalami situasi semacam ini, semakin terlatih pula kita untuk dapat menjadi pribadi yang sabar.

BACA JUGA ” 14 DESTINASI WISATA DI LOMBOK YANG PALING BANYAK DIKUNJUNGI “



4. Melatih Diri Untuk Berhemat

Jika dalam lingkungan biasa kita dapat memperoleh makanan dan air dengan mudah, bahkan mungkin ada di antara kita yang sering boros menggunakan keduanya. Maka kita perlu sempatkan waktu untuk mendaki gunung. Karena dalam kondisi pendakian kita hanya dapat membawa makanan dan air dalam jumlah yang terbatas. Sehingga situasi ini akan memaksa para pendaki harus sehemat mungkin memanfaatkan logistik yang mereka bawa. Akan sangat fatal akibatnya jika para pendaki sampai kehabisan logistik sebelum sampai kembali di bawah. Karena kondisi ini pula sangat dianjurkan bagi kalian yang belum bisa berhemat dengan segala sesuatu yang dimiliki untuk mencoba mendaki gunung dengan harapan kondisi yang serba kekurangan dan serba terbatas dapat memberikan kesadaran kita untuk senantiasa menghargai dan berhemat dengan apa yang sudah kita miliki.

BACA JUGA ” 14 DESTINAS DI SOLO YANG HARUS KALIAN KUNJUNGI “



5. Mendekatkan Diri dengan Alam

Banyak dari kita yang merasa membuang sampah sembarangan adalah hal biasa. Karena kebiasaan buruk itu pula, menjadikan mata kita tidak merasa risih dengan lingkungan yang kotor. Seolah alam adalah sebuah benda mati yang tak perlu dipedulikan kondisinya. Maka dari itu mendaki gunung menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kita dengan alam. Ketika kita dapat merasakan bahwa alam yang indah dan asri mampu memberikan dampak positif kepada kehidupan kita sehari-hari. Dari sanalah akan timbul kesadaran kita untuk memberikan hal yang baik pula kepada lingkungan yang kita tempati karena adanya kondisi yang saling membutuhkan di antara keduanya.

BACA JUGA ” 11 DESTINASI WISATA DI BANDUNG YANG MEMPUNYAI NILAI EDUKASI “



6. Membiasakan Diri Menjadi Manusia yang Pandai Bersyukur

Segala bentuk tekanan, rasa lelah dan keterbatasan yang dialami para pendaki membuat mereka menjadi paham, bahwasanya nikmat itu bukan tentang urusan jumlah atau berhasilnya memenuhi setiap keinginan pribadi. Akan tetapi lebih daripada itu, dengan segala kondisi yang sedang dialami, berapapun ukuran jumlah yang dimiliki, jika dilandasi dengan rasa syukur kepada sang pencipta, maka perasaan tenang dan nyaman akan sangat mudah sekali didapatkan.

BACA JUGA ” 36 DESTINASI WISATA DI JOGJA INI WAJIB KALIAN KUNJUNGI “



Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari aktivitas mendaki gunung. Bagi kalian yang ingin meningkatkan kualitas diri dengan cara yang menyenangkan, mendaki gunung menjadi salah satu aktivitas yang perlu dicoba. Masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan mendaki gunung selain yang sudah kita bahas di atas. Maka dari itu sempatkanlah waktu, ajak kawan-kawan kita untuk mendaki. Dan yang terpenting ajaklah teman kita yang sudah berpengalaman dengan aktivitas mendaki gunung, sehingga segala resiko yang sewaktu-waktu dapat muncul bisa diantisipasi dengan baik dan tepat. Selamat mendaki ya guys.