Sudah bukan rahasia umum lagi jika melakukan kuliner di warung seafood pasti yang dituju adalah kepiting. Incaran para penikmat kuliner ini mempunyai daging yang padat dengan rasanya yang khas. Namun untuk memilih kepiting yang mempunyai daging yang padat bukanlah hal mudah karena kepiting dengan daging yang padat bukan ditentukan berdasarkan ukurannya. Yuk simak beberapa tips yang kulibur.com berikan berikut ini:

Periksa Pada Bagian Mata

Kesegaran bahan yang akan diolah merupakan suatu penentu lezat atau tidaknya masakan yang di buat, hal tersebut sangat berlaku jika kalian akan memasak menu yang satu ini. Jadi kalian harus memilih kepiting yang memiliki kedua mata utuh dan masih bergerak. Mata kepiting dapat diartikan seperti antenna yang memberi sinyal-sinyal atau juga sering disebut bagai nadi pada manusia.

Gerakan Bagian Kaki

Dengan memperhatikan gerakan pada kepiting juga dapat menentukan kepadatan dagingnya, jika kepiting masih memberi perlawanan ketika akan ditangkap maka kepiting tersebut masih mempunyai stamina yang bagus dan dapat diartikan daging yang berada didalam cangkangnya masih segar.

Periksa Bagian Siku

Kepiting yang segar dapat dilihat dari sikunya yang lembut, jadi jika kita menekan bagian siku maka akan mengembung lagi,  dengan melihat gembungan yang terjadi maka kita juga dapat menyimpulkan kepadatan daging yang ada di dalam cangkang sikunya.

Perhatikan Bagian badan

Memperhatikan bagian badan karena isi daging yang banyak berada pada bagian ini, kita dapat menekan bagian badan untuk melihat padatnya daging yang dimiliki, jika keras maka kepiting mempunyai daging yang padat dan segar, dan jika kopong maka berarti daging yang dimiliki hanya sedikit. Ketahui juga jenis kelamin pada kepting melalui bentuk perut yang dimiliki, jika bagian perut menunjukkan alur yang membentuk segitiga dan runcing maka kepiting tersebut berjenis kelamin jantan, sedangkan jika cenderung bulat maka kepiting tersebut berjenis kelaim betina.

Warna Menentukan Isinya

Saat memilih kepiting jangan menyamakan dengan memilih barang-barang yang cenderung memiliki warna terang dan mengkilap adalah barang yang bagus , melainkan pilihlah cangkang yang kusam dan bergores, hal tersebut menandakan bahwa kepiting mempunyai daging yang padat karena cangkang yang kusam dan bergores menandakan kepiting siap ganti kulit